Wednesday, April 7, 2010

Gawat, Email Dalai Lama di Bobol Hacker China

Unik tapi Fakta - Hacker China kembali berulah. Setelah membobol email jurnalis asing dan aktivis HAM, kini giliran email pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama yang menjadi korban.


Juru bicara kantor kementerian luar negeri China, mengatakan mengutuk keras aksi yang dilakukan oleh Hacker di negaranya. Namun, pemerintah China sendiri belum melakukan respon atau menindak para pelaku pembobolan email tersebut.

Laporan terbaru mengungkapkan sejumlah aktivis HAM di Tibet telah menjadi target serangan sejak beberapa tahun lalu. Puncaknya, saat hacker mencuri sejumlah dokumen milik Dalai Lama. Tercatat 1.500 dokumen di kantor Dalai Lama terpantau sejak Januari hingga November 2009.

Dokumen-dokumen yang dicuri hacker kebanyakan berisi data rahasia yang terkait dengan organisasi internasional. Demikian dilansir Telegraph, Rabu (7/4/2010).

Aksi pembobolan email ini telah menjadi perhatian sejumlah analis komputer dunia. Peneliti di Munk Centre for International Studies, University of Toronto telah memantau hacker China selama kurang lebih delapan bulan. Aktivitas hacker China diketahui berpusat di kota Chengdu.

Setidaknya, hacker China telah melakukan penyerangan ke jaringan komputer 103 negara. Target penyerangan hacker China kebanyakan adalah jaringan komputer kedutaan besar negara asing. (ngobrolaja.com)



No comments:

Post a Comment